Sunday 24 April 2016

Suhu dan Energi Kinetik Gas Ideal



Bagaimana suhu gas ideal jika dipandang dari sudut mikroskopiknya? Telah Anda ketahui bahwa P V =  2/3 Ek N. Jika dihubungkan dengan persamaan P V = n R T, maka dapat diperoleh persamaan berikut.

n R T = 2/3 Ek N atau T = (2NEk)/(3nR)
Jika dihubungkan dengan persamaan pV = NKT, maka diperoleh persamaan:
NKT =  2/3 EkN atau Ek = 3/2 (KT) atau T = 2Ek/3K (untuk N = 1)
Secara fisis persamaan T = 2Ek/3k mempunyai arti bahwa suhu gas hanya berhubungan dengan gerak partikel. Makin cepat gerak partikel gas makin tinggi suhu gas tersebut. Dan persamaan tersebut berlaku untuk gas monoatomik.
Contoh Soal
Suatu gas ideal dalam ruang tertutup yang suhunya 27° C memiliki energi kinetik partikel sebesar 150 J. Jika energi kinetiknya 300 J, maka tentukanlah suhu gas sekarang!
Penyelesaian:
T1 = 27° C = 27 + 273 = 300 K
Ek1 = 150 J
Ek2 = 300 J
Ditanyakan: T2 = .... ?
T2/T1 = Ek2/Ek1
T2/300 = 300/150
T2 = 600 K
Jadi, suhu gas akhir adalah 600 K

Suhu dan Energi Kinetik Gas Ideal, Energi Kinetik Gas Ideal, gas ideal pada benda, jumlah mol pada gas ideal, teori kinetik gas, teori kinetik gas ideal, suhu dan tekanan dalam gas ideal, rumus dan persamaan dalam gas ideal, rumus dan persamaan gas ideal, materi dan latihan soal gas ideal, materi dan soal energi kinetik gas ideal, soal dan pembahasan energi kinetik gas ideal,Contoh soal teori kinetik gas, Suhu dan Energi Kinetik Rata-Rata Partikel Gas, Energi Kinetik tentang Teori Kinetik Gas, termodinamika, soal dan pembahasan soal termodinamika, Materi dan pembahasan soal teori kinetik gas, Rumus Energi Kinetik Gas Ideal dan Energi Dalam, tekanan dan energi kinetik gas ideal, rumus energi kinetik gas ideal, pengertian energi kinetik gas ideal, faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas ideal, energi kinetik rata rata gas ideal, contoh soal dan pembahasan teori kinetik gas ideal, tekanan gas ideal menurut teori kinetik gas, soal dan pembahasan teori kinetik gas, fisika SMP, Fisika SMA, materi dan soal fisika kelas VII, materi dan soal fisika kelas VIII, materi dan soal fisika kelas IX, materi dan soal fisika kelas X, materi dan soal fisika kelas XI, materi dan soal fisika kelas XII, materi dan soal UN fisika, materi dan soal UAS fisika, fisika kelas VII, fisika kelas VIII, fisika kelas IX, fisika kelas X, fisika kelas XI, fisika kelas XII

Suhu dan Energi Kinetik Gas Ideal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mantan Tentor Fisika

0 komentar:

Post a Comment