Tuesday 19 April 2016

Gerak Melingkar



Menurut Hukum II Newton, sebuah benda yang mengalami percepatan harus memiliki resultan gaya yang bekerja padanya. Benda yang bergerak membentuk lingkaran, seperti sebuah bola di ujung seutas tali, harus mempunyai gaya yang  diberikan padanya untuk mempertahankan geraknya  dalam lingkaran itu. Dengan demikian,  diperlukan resultan gaya untuk memberinya percepatan sentripetal. Besar gaya yang dibutuhkan dapat dihitung  dengan menggunakan Hukum II Newton. 

gerak melingkar

Resultan gaya pada komponen radialnya adalah ∑FR = m aR ,  di mana  aR adalah percepatan sentripetal, aR = v2/R, sedangkan  ∑FR adalah resultan gaya  dalam arah radial.
∑FR = m.aR = mv2/R
Oleh karena  aR  diarahkan menuju pusat lingkaran pada setiap waktu, resultan gaya juga harus diarahkan ke pusat lingkaran. Resultan gaya jelas  diperlukan, karena jika tidak ada resultan gaya yang bekerja, benda tersebut tidak akan bergerak membentuk lingkaran melainkan bergerak pada garis lurus.
Pada gerak melingkar beraturan, gaya ke samping ini harus bekerja menuju pusat lingkaran. Arah resultan gaya  dengan  demikian terus berubah sehingga selalu  diarahkan ke pusat lingkaran. Gaya ini sering disebut gaya sentripetal (“menuju ke pusat”). Istilah ini hanya mendeskripsikan arah resultan gaya, bahwa resultan gaya  diarahkan menuju pusat lingkaran. Gaya harus  diberikan oleh benda lain. Sebagai contoh, ketika seseorang memutar bola di ujung sebuah tali membentuk lingkaran, orang tersebut menarik tali dan tali memberikan gaya pada bola.

Gerak Melingkar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mantan Tentor Fisika

0 komentar:

Post a Comment