Tuesday 19 April 2016

Gerak Melingkar Arah Horizontal dan Konikal



Gaya  Bola yang Berputar Horizotal

Gambar di bawah  menunjukkan  dua gaya yang bekerja pada bola, yaitu gaya gravitasi m.g  dan gaya tegangan FT yang  diberikan oleh tali (yang terjadi karena orang itu memberikan gaya yang sama pada tali). Jika berat bola itu cukup kecil,  dapat kita abaikan. Dengan  demikian,  FT akan bekerja secara horizontal ( θ ≈ 0)  dan menyediakan gaya yang diperlukan untuk memberi percepatan sentripetal pada bola. Berdasarkan Hukum II Newton untuk arah radial pada bidang horizontal yang kita sebut misalnya komponen sumbu  x, berlaku:
gerakmelingkar pada arah horizontal

Fx  = m.ax = v2/R
Gaya Konikal (Ayunan Kerucut)
Gambar di bawah  menunjukkan permainan bola tambatan yang  dimainkan  dengan cara mengikatkan sebuah bola ke tiang dengan tali. 
gerak melingkar pada arah konikal

Ketika bola dipukul, ia akan berputar mengelilingi tiang. Kemudian yang menjadi pertanyaan, ke arah mana percepatan bola, dan apa yang menyebabkan percepatan itu?
Percepatan menunjuk arah horizontal yang menuju pusat lintasan melingkar bola (bukan ke puncak tiang). Gaya yang menyebabkan percepatan mungkin tidak jelas pada saat pertama kali, karena tampaknya tidak ada gaya yang langsung mempunyai arah horizontal. Tetapi resultan gayalah (dalam hal ini jumlah m.g  dan  FT) yang pasti menunjuk arah percepatan. Komponen  vertikal tegangan tali mengimbangi berat bola, m.g. Komponen horizontal tegangan tali,  FTx adalah gaya yang menghasilkan percepatan sentripetal menuju pusat.

Gerak Melingkar Arah Horizontal dan Konikal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mantan Tentor Fisika

0 komentar:

Post a Comment