Wednesday 6 April 2016

PERCEPATAN

Percepatan merupakan perubahan kecepatan terhadap waktu. Sama halnya dengan kecepatan yang menggambarkan laju perubahan posisi terhadap waktu, percepatan juga menggambarakan laju perubahan kecepatan terhadap waktu. Dan sama halnya dengan kecepatan, percepatan juga merupakan besaran vektor. Kecepatan menggambarkan laju dan arah gerak benda pada setiap saat, sedangkan percepatan menggambarakan bagaimana laju dan arah gerak benda tersebut berubah terhadap waktu.

PERCEPATAN RATA-RATA
Kita mendefinisikan percepatan rata-rata art dari partikel saat partikel tersebut bergerak dari titi P1 ke titik P2 sebagai besaran vektor yang komponen x nya adalah Δv, perubahan komponen x dari kecepatan dibagi dengan selang waktu Δt. Secara matematis dapat dituliskan sebagai:

Contoh Soal
Astronot meninggalkan pesawat ruang angkasa yang sedang mengorbit untuk menguji sebuah kendaraan ruang angkasa baru. Saat ia bergerak pada garis lurus, rekannya di pesawat mengukur kecepatan setiap 2 s, mulai pada saat t = 1 s, hasil pengukurannya adalah sebagai berikut:

t (sekon)
v (m/s)
1
0,8
3
1,2
5
1,6
7
1,2
9
-0,4
11
-1,0
13
-1,6
15
-0,8
Jelaskan apakah kecepatan astronot apakah bertambah atau berkurang setiap selang waktu berikut: a) t1 = 1 s dan t2 = 3 s, b) t1 = 5 s dan t2 = 7 s, c) t1 = 9 s dan t2 = 11 s, d) t1 = 13 s dan t2 = 15 s.
Penyelesaian:
Ketika percepatan mempunyai arah yang sama (mempunyai tanda aljabar yangsama) dengan kecepatan awalnya, seperti pada selang a dan c, astronot bergerak lebih cepat; jika arahnya berlawanan (tanda aljabaranya berlawanan)  seperti pada selang b dan d, ia berjalan lebih lambat. Ketika ia bergerak kearah negatif dengan lajunya (selang c), kecepatannya secara aljabar berkurang (menjadi lebih negatif), dan percepatannya negatif. Tetapi ketika ia bergerak kearah negatif dengan laju yang berkurang (selang d), kecepatan secara aljabar bertambah dan percepatannya positif.

PERCEPATAN SESAAT
Percepataan sesaat dapat didefinisikan selayaknya pada kecepatan sesaat. Sehingga percepatan sesaat dapat diartikan sebagai limit dari percepatan rata-rata pada selang waktu mendekati nol. Dalam bahasa kalkulus, percepatansesaat sama dengan laju perubahan sesaat dari kecepatan terhadap waktu. Jadi dapat didefinisikan secara matematis:


Contoh soal:
Misal kecepatan v dari mobil pada tiap saat t diberikan oleh persamaan:
v = 60 m/s + (0,5 m/s2)t2
a. Hitunglah perubahan kecepatan mobil pada selang waktu antara t1 = 1s dan t2 = 3 s
b. Hitung percepataan rata-rata pada selang waktu tersebut
c. Hitung percepatan sesaat pada selang waktu t1 = 1 s dengan mengambil Δt pertama 0,1 s lalu 0,01 s, dan 0,001 s
d. Turunkan persamaan untuk percepatan sesaat pada setiap saat dan gunakanlah untuk menghitung percepatan pada t = 1 s dan t = 3 s

Penyelesaian:
Pertama, kita hitung kecepatan di tiap saat dengan mensubtitusikan nilai t ke dalam persamaan.


a. Perubahan kecepatan Δv adalah
               Δv = v2 – v1 = 64,5 m/s – 60 m/s = 4 m/s
Selang waktu Δt adalah:
               Δt = 3 s – 1 s = 2 s

b. Percepatan rata-rata
art = Δv/ Δt = 4 m/s : 2 s = 2 m/s2

c. Jika Δt = 0,1 s; t2 = 1,1 s, maka:
V2 = 60 m/s + (0,5 m/s2) (1,1)2 = 60,605 m/s
Δv = 60,605 m/s – 60,5 m/s = 0,105 m/s
art = Δv/ Δt
art = 0,105 m/s : 0,1 s = 1,05 m/s2
karena perubahan Δt sangatlah kecil, sehingga dapat disimpulakan kecepatan rata-rata mendekati 1,05 m/s2.

d. Percepatan rata-rata adalah a = dv/dt, turunan dari sebuah konstanta adalah nol, dan turunan dari t2 adalah 2t, sehingga didapatkan:



PERCEPATAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mantan Tentor Fisika

0 komentar:

Post a Comment