Friday 15 April 2016

Kecepatan Sudut dan Kecepatan Angular



Periode dan Frekuensi
Sebuah partikel/benda yang bergerak melingkar baik gerak melingkar beraturan ataupun yang tidak beraturan, geraknya akan selalu berulang pada suatu saat tertentu. Dengan memerhatikan sebuah titik pada lintasan geraknya, sebuah partikel yang telah melakukan satu putaran penuh akan kembali atau melewati posisi semula. Gerak melingkar sering dideskripsikan dalam  frekuensi (f), yaitu jumlah putaran tiap satuan waktu atau jumlah putaran per sekon. Sementara itu, periode (T) adalah waktu yang diperlukan untuk menempuh satu putaran. Hubungan antara periode (T)  dan frekuensi (f) adalah:
T = 1/f
f = 1/T
Sebagai contoh, jika sebuah benda berputar  dengan frekuensi 3 putaran/sekon, maka untuk melakukan satu putaran penuh, benda itu memerlukan waktu 1/3 sekon. Untuk benda yang berputar membentuk lingkaran dengan laju konstan  v, dapat kita tuliskan:
v = (2πR)/T
Posisi Sudut


Gambar di atas melukiskan sebuah titik P yang berputar terhadap sumbu yang tegak lurus terhadap bidang gambar melalui titik O. Titik P bergerak dari A ke B dalam selang waktu  t. Posisi titik P  dapat  dilihat  dari besarnya sudut yang  ditempuh, yaitu  θ  yang  dibentuk oleh garis AB terhadap sumbu  x yang melalui titik O. Posisi sudut  θ diberi satuan radian (rad). Besar sudut satu putaran adalah 360° = 2 θ  radian. Jika  θ  adalah sudut pusat lingkaran yang panjang busurnya  s  dan jari-jarinya R,  diperoleh hubungan:
θ  = s/R
dengan:
θ = lintasan/posisi sudut (rad)
s = busur lintasan (m)
R = jari-jari (m)

Kecepatan Sudut dan Kecepatan Anguler
Dalam gerak melingkar beraturan, kecepatan sudut atau kecepatan anguler untuk selang waktu yang sama selalu konstan. Kecepatan sudut didefinisikan sebagai besar sudut yang  ditempuh tiap satu satuan waktu. Untuk partikel yang melakukan gerak satu kali putaran, didapatkan sudut yang  ditempuh  θ =2 π   dan  waktu tempuh  t = T. Berarti, kecepatan sudut (ω) pada gerak melingkar beraturan  dapat  dirumuskan:
ω  = 2π/T atau ω = 2πf
dengan:
ω = kecepatan sudut (rad/s)
T = periode (s)
f = frekuensi (Hz)

Kecepatan Sudut dan Kecepatan Angular Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mantan Tentor Fisika

0 komentar:

Post a Comment