Thursday 14 April 2016

Macam-macam Wujud Zat



Zat merupakan sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Tiga keadaan umum  atau fase dari zat adalah padat, cair, dan gas. Ketiga fase dalam Giancoli (2001: 324). Pada dasarnya ada tiga wujud zat: padat, cair, dan gas. Wujud dari suatu zat tergantung pada suhunya. Setiap wujud zat mempunyai sifat-sifat khusus yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi zat  tersebut, sebagaimana yang akan dijelaskan dibawah ini:

1) Zat Padat
Zat padat adalah zat yang mempunyai bentuk dan volume tetap. Dilihat dari susunan  molekul dan ikatan antarmolekulnya, zat padat mempunyai susunan molekul yang teratur  dan gaya tarik-menarik antar molekulnya yang kuat. Partikel-partikel zat padat saling berdekatan dan terikat kuat oleh gaya antar partikel-partikel itu. Hal ini menyebabkan  volume zat padat tidak dapat dimampatkan menjadi lebih kecil. Partikel-partikel itu mampu menggetarkan tetangga dekatnya, namun tidak mempunyai energi yang cukup untuk keluar dari posisinya atau melepaskan diri dari ikatannya. Hal ini menjelaskan mengapa zat padat dapat mempertahankan bentuknya.
2) Zat Cair
Zat cair adalah zat yang mempunyai volume tetap, tetapi bentuknya selalu berubah-ubah mengikuti tempatnya. Dilihat dari susunan molekul dan ikatan antar molekulnya zat cair, mempunyai susunan molekul yang kurang teratur dan jarak antar molekulnya yang agak renggang sehingga gaya tarik menarik antar molekulnya relatif lebih rendah dibandingkan dengan zat padat.
3) Zat Gas
Gas adalah zat yang mempunyai bentuk dan volume yang tidak tetap. Hal ini disebabkan  karena susunan  molekul-molekul  gas  sangat  tidak  teratur sehingga  gaya  tarik-menarik  antar  molekulnya  sangat lemah. Menurut  teori  kinetik  zat,  partikel-partikel  gas mempunyai energi yang cukup untuk memisahkan diri dari partikel-partikel  lainnya. Oleh karena  itu, partikel-partikel  tersebut bebas bergerak ke  segala arah  sampai gas  menyebar  merata  ke  seluruh  wadahnya.  Karena partikel-partikel  gas  tidak  saling  berdekatan  rapat, maka  partikel-partikel  itu  dapat  juga  dimampatkan  ke dalam ruangan yang lebih kecil.
b) Kohesi, Adhesi dan Kapilaritas
Kohesi adalah gaya antara molekul-molekul dengan jenis  yang  sama. Adhesi  adalah gaya  antara molekul  yang jenisnya  berbeda.  Pada  tabung  dengan  diameter  sangat kecil,  zat  cair  tampak  naik  atau  turun  relatif  terhadap tingkat zat cair yang mengelilinginya, ini disebut fenomena kapilaritas,  dan  tabung-tabung  tipis  ini  disebut  tabung kapiler (Giancoli, 2001: 353).
Sifat Zat
1) Sifat Fisika
Sifat  fisika  dapat  diukur  dan  diamati  tanpa mengubah  susunan  atau  identitas  suatu  zat.  Sebagai contohnya,  saat  mengukur  titik  leleh  es  dengan memanaskan  es  balok  dan mencatat  suhunya  ketika  es berubah menjadi air.
2) Sifat Kimia
Sifat kimia merupakan sifat yang dihasilkan dari perubahan kimia, salah satu sifat kimia adalah hidrogen karena  untuk  mengamati  sifat  ini,  harus  melakukan perubahan  kimia  yang  disebut  dengan  pembakaran (Raymond Chang, 2005:9).

Macam-macam Wujud Zat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mantan Tentor Fisika

0 komentar:

Post a Comment