Tuesday 5 April 2016

KEDUDUKAN, PERPINDAHAN, KECEPATAN RATA-RATA dan KECEPATAN SESAAT



Kedudukan diartikan sebagai posisi (letak) suatu  benda terhadap acuan pada waktu tertentu.
Jarak adalah seluruh panjang lintasan yang ditempuh dari titik acuan pada waktu tertentu. Sebuah jarak tergantung dari sebuah acuan, bahkan menjadi tidak berarti tanpa adanya titik acuan. Misalkan, Yogyakarta berjarak 50 km, hal ini menjadi tidak berarti kecuali saya katakan “Yogyakarta berjarak 50 km dari Kulon Progo.
Perpindahan diartikan sebagai perubahan posisi benda pada selang waktu tertentu. Untuk lebih memahami mengenai jarak dan perpindahan silahkan simak gambar di bawah ini:
Misalakan, sebuah mobil bergerak dari titik A menuju B, kemudian belok ke arah titik C dan berbelok lagi menuju titik D. Maka akan didapatkan:
Jarak : A – B – C – D
Perpindahan : dari A – D

KELAJUAN RATA-RATA dan KECEPATAN RATA-RATA

Dalam kehidupan sehari-hari sering kali antara kelajuan dan kecepatan dianggap sama oleh sebagian besar orang. Namun, dalam dunia fisika kedua hal tersebut sangatlah berbeda. Laju adalah sebuah bilangan positif dengan satuan m/s, yang menyatakan perbandingan jarak yang  ditempuh oleh benda terhadap waktu yang dibutuhkannya.  Secara matematis laju rata-rata dapat ditulis sebagai berikut;



Kecepatan  digunakan untuk menyatakan baik besar (nilai numerik) mengenai seberapa cepat sebuah benda bergerak maupun arah geraknya. Dengan  demikian, kecepatan merupakan besaran  vektor, sedangkan kelajuan adalah besaran skalar. Ada perbedaan kedua antara laju  dan kecepatan, yaitu kecepatan  rata-rata didefinisikan dalam hubungannya dengan perpindahan, dan bukan dalam jarak total yang ditempuh. Secara matematis kecepatan rata-rata dapat ditulis sebagai berikut:


Contoh soal:
Seseorang berjalan sejauh 50 m ke arah Timur selama 30 s dan kemudian berbalik (ke arah Barat)  dan berjalan menempuh jarak 30 m selama 20 s, lihat gambar  berikut. Tentukan laju rata-rata dan kecepatan rata-rata orang tersebut!
Penyelesaian:


a. Laju rata-rata :
    v = s/t
    v = 80 m/50 s
    v = 1,6 m/s

b. kecepatan rata-rata:
    v =
Δs/Δt = 20 m/10 s
    v = 2 m/s

KEDUDUKAN, PERPINDAHAN, KECEPATAN RATA-RATA dan KECEPATAN SESAAT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mantan Tentor Fisika

0 komentar:

Post a Comment