Tuesday 19 April 2016

Gerak Melingkar pada Arah Vertikal



Bola yang Berputar membuat Lingkaran Vertikal

Gambar di bawah menunjukkan sebuah benda  diikat dengan seutas tali yang  diputar membentuk lingkaran vertikal. Bagaimanakah menentukan laju minimum bola pada puncak lintasannya sehingga bola itu bisa terus bergerak  dalam lingkaran?
gerak melingkar pada arah vertikal

Pada saat bola berada  di puncak (titik A),  dua gaya bekerja pada bola, yaitu gaya berat m.g, dan gaya tegangan, FTA yang  diberikan tali pada titik A. Keduanya bekerja dengan arah ke bawah, dan jumlah vektornya memberikan percepatan sentripetal as kepada bola. Berdasarkan Hukum II Newton, untuk arah  vertikal dengan memilih arah ke bawah (menuju pusat) positif berlaku:
∑Fs = m.as
FTA + m.g = (mv2)/R
Persamaan di atas menunjukkan bahwa gaya gravitasi dan tegangan tali bersama-sama memberikan percepatan sentripetal. Gaya tegangan  FTA pada A akan menjadi bertambah besar jika  vA (laju bola  di puncak lingkaran) dibuat lebih besar, sebagaimana telah diperkirakan. Tetapi yang ditanyakan adalah laju minimum untuk menjaga agar bola tetap bergerak dalam lingkaran. Tali akan tetap tegang selama ada tegangan padanya, tetapi jika tegangan hilang (karena  vA  terlalu kecil) tali akan melengkung,  dan bola akan keluar  dari lintasannya. Dengan  demikian, laju minimum akan terjadi jika  FTA = 0, sehingga kita dapatkan:
m.g = (mv2)/R
vA = √g R
Di mana vA adalah laju minimum di puncak lingkaran jika bola harus meneruskan geraknya dalam lintasan lingkaran.
Sementara itu, di bagian bawah lingkaran, tali memberikan gaya tegangan FTB ke atas, sementara gaya gravitasi bekerja ke bawah. Sehingga, Hukum II Newton, untuk arah ke atas (menuju pusat lingkaran) sebagai arah positif, didapatkan:
∑Fs = m.as
FTB – m.g = vB2/R
Laju  vB  diketahui  dua kali lipat laju  vA. Dalam hal ini, laju berubah karena gravitasi bekerja pada bola  di semua titik sepanjang lintasan. Kita tidak bisa dengan mudah menentukan FTB sama dengan mvB2/R, karena persamaan terakhir tersebut (untuk menentukan  FTB) menunjukkan resultan gaya pada bola dalam arah radial, sehingga dalam hal ini juga melibatkan gravitasi. Jelas bahwa tegangan tali tidak hanya memberikan percepatan sentripetal, tetapi harus lebih besar  dari m.as untuk mengimbangi gaya gravitasi ke bawah.

Gerak Melingkar pada Arah Vertikal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mantan Tentor Fisika

0 komentar:

Post a Comment