Tuesday 12 April 2016

Manfaat Pemuaian



Sifat pemuaian zat padat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya untuk:

Termometer
Pemuaian raksa dan alkohol dalam termometer sebagai petunjuk suhu.

Keping bimetal
Pengertian bimetal
Bimetal (bi berarti dua; metal berarti logam) atau lebih tepatnya keping bimetal yang merupakan hail perpaduan dua keping logam yang memilki koefisien muai berbeda yang dikeling menjadi satu. Misalnya: kuningan dengan besi

Sifat bimetal
Keping bimetal mempunyai sifat-sifat :
1. Bila dipanaskan akan melengkung ke arah logam yang angka muainya kecil. Contohnya bimetal besi-kuningan, jika dipanaskan akan melengkung ke arah besi, karena pemuaian kuningan lebih panjang dari pada pemuaian besi.
2. Bila didinginkan akan melengkung ke arah logam yang angka muainya besar. Contohnya bimetal besi kuningan, jika didinginkan akan melengkung ke arah kuningan, karena pengerutan kuningan lebih besar daripada pengerutan besi.

Pengelingan
Pengelingan adalah proses penyambungan dua pelat dengan mengunakan paku keling. Cara pemasangan paku keling adalah sebelum dikeling, kedua pelat yang sudah dilubangi dipanaskan sampai lubangnya agak besar sehingga paku keling dapat masuk. Selanjutnya paku keling ditempa/dipukul-pukul. Setelah dingin paku keling tersebut akan menyusut dan menjepit kedua pelat dengan sangat kuat. Pengelingan seperti ini dilakukan pada pembuatan badan kapal. 

Manfaat Pemuaian Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mantan Tentor Fisika

0 komentar:

Post a Comment