Friday 22 July 2016

Pemuaian dan Perpindahan Kalor

Pemuaian dan Perpindahan Kalor, laju kalor, perpindahan kalor, fenomena perpindahan kalor, penjelasan fenomena alam secara fisika, konduktor, penghantar panas, perbedaan suhu di pantai dan di gunung, cara mempercepat penguapan, fisika suhu dan kalor, suhu dan kalor, fisika kelas X, fisika kelas XI, fisika kelas XII, fisika SMA
1.Sebuah besi bersuhu 20oC terasa lebih dingin dibandingkan dengan kayu dengan suhu yang sama. Mengapa demikian?
Jawaban:

Karena besi merupakan konduktor yang baik dalam menghantarkan kalor. 
Sehingga panas akan lebih mudah mengalir dari tangan ke logam dibandingkan aliran panas dari tangan ke kayu. Inilah yang menyebabkan besi dengan suhu 20oC akan terasa lebih dingin.
2. Ketika meminum kopi yang panas seseorang lebih memilih menuangakn kopi ke wadah yang lebih luas ataupun meniupnya. Mengapa dilakukan tindakan seperti itu?
Jawaban:
Cara yang dapat dilakukan untuk mendinginkan air yang panas yaitu:
- Memperluas permukaan
Permukaan yang lebih luas menjadikan molekul zat cair yang berhubungan dengan udara akan lebih banyak, akibatnya molekul zat cair yang melepaskan diri ke udara akan lebih banyak.
- Mengalirkan udara pada permukaan zat cair
Meniup merupakan salah satu caranya mempercepat penguapan, dengan meniup menyebabkan molekul lebih cepat meninggalkan permukaan. Sehingga air akan lebih cepat untuk mendingin.
3. Pada daerah pantai orang lebih cenderung menggunakan pakaian yang tipis dibanding orang yang tinggal di daerah puncak. Benar atau salah pernyataan tersebut? Berikan penjelasan secara fisika!
Jawaban:
Di daerah pantai keadaan suhunya lebih panas sehingga penduduk memilih menggunakan pakaian yang lebih tipis. Karena pakaian yang tipis meningkatkan perpindahan panas dari tubuh ke udara. Sehingga hal ini menjadikan keringat lebih cepat untuk menguap.
Di daerah puncak, suhu cenderung lebih rendah sehingga penduduk lebih memilih pakaian yang tebal. Pakaian tebal dipilih karena mampu memerangkap kalor yang terdapat antara tubuh dengan jaket, sehingga kalor tidak mengalir ke luar lingkungan, hal ini menghambat perpindahan kalor yang tetap menjaga tubuh kita tetap hangat.


Pemuaian dan Perpindahan Kalor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mantan Tentor Fisika

0 komentar:

Post a Comment