Tuesday 14 June 2016

Soal dan Latihan Materi Gerak Parabola

Gerak Parabola, soal dan latihan Gerak Parabola, gerak peluru, gerak bom dijatuhkan, pembahasan soal fisika, latihan fisika persiapan uas, fisika kelas X,  fisika kelas XII, fisika kelas XI, materi fisika, persiapan SBMPTN, persiapan SBMPTN Fisika, Ujian mandiri masuk perguruan tinggi


1. Sebuah peluru melesat dengan kecepatan 1500 kaki/s menuju ke sebuah sasana yang jaraknya 150 kaki dari ujung senapan. Agar peluru tepat mengenai sasaran, ke arah tinggi berapa di atas sasaran senapan tersebut harus diarahkan?

2. Sebuah pesawat menembakkan bom membentuk sudut 53o terhadap arah vertikal dengan ketinggian 730 m. Lima detik setelah ditembakkan, bom telah mencapai tanah. Tentukanlah:
a.       Laju pesawat.
b.      Jarak horizontal yang ditempuh bom selama melayang
c.       Komponen kecepatan bom dalam arah horizontal dan vertikal sesaat sebelum menyentuh tanah.

3. Bola yang dipukul oleh seseorang dari ketinggian 4 kaki di atas tanah. Bola bergerak dengan laju 110 kaki/s dan membentuk sudut proyeksi 45o. Di depan terdapat pagar setinggi 24 kaki dengan jarak 320 kaki dari posisi pemukul. Apakah bola mampu melewati pagar?

4. Sebuah meriam berada pada lereng sebuah bukit dengan sudut kemiringan α. Sebuah peluru ditembakkan dengan laju awal v0. Dengan sudut berapakah (terhadap horizontal) meriam harus diarahkan agar diperoleh jarak jangkauan maksimum?

5. Sebuah pemain bola menendang bola dengan kecepatan awal 25 m/s. Jika ia harus menyarangkan bola ke dalam gawang yang jaraknya 50 m dan tinggi mistar gawang 3,44 m, berapakah sudut tendangan yang harus dibuat?

6. Kereta api bergerak ke selatan dengan keceptan 88,2 kaki/s (relatif terhadap tanah), menembus hujan yang tertiup angin ke arah selatan. Jejak tetesair membentuk sudut 21,6o terhadap vertikal diukur oleh pengamat yang diam terhadap tanah. Seorang pengamat lain yang berada dalam kereta melihat jejak air hujan pada kaca jendela nampak vertikal. Tentukanlah laju tetes huja tersebut relatif terhadap tanah!

7. Dalam udara tenang, sebuah pesawat memiliki laju 135 mil/jam. Pesawat bergerak lurus ke arah utara, sehingga setiap saat ia berada di atas jalan raya utara-selatan. Seorang pengamat di bumi mengirimkan berita kepada pilot, bahwa akan bertiup angin dengan laju 70 mil/jam, tetapi tidak disebutkan kearah mana angin akan bertiup. Pilot tersebut mengamati walaupun ada angin  ia tetap dapat menempuh jarak 135 mil sepanjang jalan raya dalam satu jam, dengan kata lain lajunya terhadap tanah tetap sama seperti ketika tidak ada angin. Tentukanlah
a.       Arah angin bertiup.
b.      Kemanakah pesawat diarahkan dan berapa sudut antara sumbu pesawat dengan jalan raya.

8. Seorang berjalan menaiki eskalator yang diam, ia tiba di atas dalam waktu 90 s. Bila ia berdiri saja dan eskalatornya bergerak maka ia akan tiba di atas dalam waktu 60 s. Berapakah waktu yang dibutuhkan bila ia berjalan sementara eskalatornya juga bergerak? (Anggap ia berjalan dengan kecepatan tetap)

Soal dan Latihan Materi Gerak Parabola Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mantan Tentor Fisika

0 komentar:

Post a Comment